Term of Service Layanan WhatsApp Business API (WABA)
1. Definisi
Dalam Syarat & Ketentuan ini:
“BalesOtomatis.id” adalah merek/layanan milik PT. BalesOtomatis Teknologi Indonesia yang menyediakan layanan integrasi dan pengelolaan WhatsApp Business API (WABA) (“Penyedia”).
“Pengguna” / “Anda” adalah pihak (perorangan atau badan hukum) yang mendaftar, mengakses, atau menggunakan layanan BalesOtomatis.id.
“Layanan” adalah seluruh fitur, produk, dan jasa yang disediakan BalesOtomatis.id terkait WhatsApp Business API, termasuk namun tidak terbatas pada pembuatan akun WABA, pengaturan nomor, integrasi, dashboard, automasi, dan dukungan teknis.
“Akun WABA” adalah akun WhatsApp Business API resmi yang terhubung dengan Meta/WhatsApp melalui partner resmi, yang diatur dan/atau diintegrasikan melalui BalesOtomatis.id.
“Biaya Layanan” adalah semua biaya yang ditetapkan oleh BalesOtomatis.id (misalnya biaya setup, biaya bulanan/tahunan, biaya langganan fitur, biaya dukungan).
“Biaya Pesan/Conversation” adalah biaya yang dikenakan oleh Meta/WhatsApp dan/atau partner resmi atas tiap percakapan atau pesan yang terjadi via WABA.
“Saldo/Kredit” adalah jumlah dana yang telah Anda top up di sistem BalesOtomatis.id untuk digunakan membayar Biaya Layanan dan/atau Biaya Pesan/Conversation.
Dengan membuat akun atau menggunakan Layanan, Anda menyatakan telah membaca, memahami, dan menyetujui Syarat & Ketentuan ini.
2. Ruang Lingkup Layanan
BalesOtomatis.id menyediakan layanan integrasi dan pengelolaan WhatsApp Business API menggunakan jalur resmi (“official WABA”) melalui partner yang ditunjuk.
BalesOtomatis.id bukan bagian dari, tidak berafiliasi, dan tidak mewakili Meta Platforms, Inc. maupun WhatsApp LLC. Seluruh merek dan logo WhatsApp adalah milik dari pemegang haknya masing-masing.
Layanan dapat mencakup antara lain:
Pendaftaran dan konfigurasi Akun WABA
Pengelolaan template pesan
Dashboard untuk pengiriman dan penerimaan pesan
Automasi (chatbot, auto-reply, routing, dsb.)
Integrasi dengan sistem lain (CRM, ticketing, dsb.)
Laporan dan analitik dasar
Ruang lingkup Layanan tidak mencakup pengelolaan konten bisnis Anda, strategi bisnis, atau kepatuhan hukum dari isi pesan yang Anda kirimkan. Hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.
3. Pendaftaran Akun & Kewajiban Pengguna
Untuk menggunakan Layanan, Anda wajib melakukan pendaftaran dengan memberikan data yang benar, lengkap, dan terbaru.
Anda menjamin bahwa:
Anda berwenang mewakili perusahaan/entitas yang Anda daftarkan; dan
Seluruh data yang Anda berikan tidak melanggar hak pihak mana pun.
Anda bertanggung jawab penuh atas:
Kerahasiaan kredensial akun (email, password, API key, dsb.);
Semua aktivitas yang terjadi di dalam akun Anda.
BalesOtomatis.id tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat kelalaian Anda menjaga kerahasiaan akun.
4. Kepatuhan terhadap Kebijakan WhatsApp & Hukum
Dengan menggunakan Layanan, Anda wajib mematuhi seluruh:
Ketentuan dan kebijakan resmi WhatsApp/Meta terkait WABA (misalnya: Business Policy, Commerce Policy, dsb.);
Peraturan perundang-undangan yang berlaku (termasuk ketentuan mengenai perlindungan data, anti-spam, dan perlindungan konsumen jika relevan).
Anda dilarang menggunakan Layanan untuk:
Mengirim spam, penipuan, phishing, atau konten yang menyesatkan;
Menyebarkan konten yang melanggar hukum, SARA, pornografi, ujaran kebencian, atau melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain;
Aktivitas yang melanggar kebijakan WhatsApp/Meta atau hukum Indonesia.
BalesOtomatis.id berhak menonaktifkan sementara atau permanen Akun Anda jika terdapat indikasi pelanggaran terhadap kebijakan WhatsApp/Meta atau hukum yang berlaku, tanpa kewajiban memberikan pengembalian dana dalam bentuk apa pun.
5. Biaya, Penagihan, dan Pembayaran
Penggunaan Layanan dapat dikenakan:
Biaya setup/onboarding (sekali bayar);
Biaya langganan (bulanan/tahunan);
Biaya Pesan/Conversation sesuai ketentuan Meta/WhatsApp dan partner;
Biaya tambahan lain (misalnya add-on, integrasi khusus) sesuai kesepakatan.
Kecuali dinyatakan lain secara tertulis, seluruh biaya:
Dibayar di muka (prepaid);
Tidak dapat dialihkan dan tidak dapat diuangkan kembali.
Keterlambatan pembayaran atau kehabisan saldo dapat menyebabkan:
Penangguhan (suspension) sementara akses ke sistem; dan/atau
Gangguan pengiriman/penerimaan pesan melalui WABA.
Anda bertanggung jawab untuk selalu memantau saldo/kredit dan memastikan kecukupan saldo untuk menanggung seluruh Biaya Layanan dan Biaya Pesan/Conversation.
6. KEBIJAKAN TANPA PENGEMBALIAN DANA (NO REFUND POLICY)
Bagian ini inti permintaan Anda: tidak ada loophole refund.
Secara umum, semua pembayaran kepada BalesOtomatis.id adalah FINAL dan TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN (NON-REFUNDABLE), dalam bentuk apa pun. Ini mencakup namun tidak terbatas pada:
Biaya setup/onboarding;
Biaya langganan bulanan/tahunan yang sudah ditagihkan atau dibayarkan;
Biaya add-on, integrasi khusus, maupun jasa kustom;
Saldo/kredit yang sudah di-top up ke sistem;
Biaya Pesan/Conversation yang telah tercatat di sistem.
Tidak ada pengembalian dana dalam keadaan berikut (antara lain):
Anda berhenti menggunakan Layanan sebelum periode langganan berakhir;
Anda salah top up (nominal/tujuan) akibat kelalaian sendiri;
Terjadi pemblokiran/penangguhan nomor atau Akun WABA oleh WhatsApp/Meta atau operator, termasuk yang disebabkan oleh konten, pola pengiriman, atau kebijakan internal mereka;
Perubahan kebijakan, harga, atau mekanisme penagihan dari WhatsApp/Meta dan/atau partner resmi;
Anda berganti penyedia layanan, berganti nomor, atau memutuskan tidak melanjutkan Layanan;
Terjadi gangguan pada pihak ketiga (WhatsApp/Meta, jaringan internet, operator seluler, hosting, dsb.) yang berada di luar kendali langsung BalesOtomatis.id;
Penutupan atau suspensi akun akibat pelanggaran Syarat & Ketentuan ini atau kebijakan WhatsApp/Meta.
Kompensasi atas gangguan layanan (jika diberikan) bersifat sepenuhnya diskresioner dari BalesOtomatis.id dan, jika diberikan, hanya dalam bentuk kredit/penyesuaian penggunaan di sistem, bukan pengembalian uang tunai.
Satu-satunya pengecualian terhadap kebijakan tanpa pengembalian dana ini adalah apabila secara tegas diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal demikian, besaran dan mekanisme pengembalian dana akan dibatasi sebatas yang diwajibkan oleh hukum.
7. Suspensi & Pengakhiran Layanan
BalesOtomatis.id berhak, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, untuk menangguhkan atau mengakhiri akses Anda ke Layanan apabila:
Terdapat tunggakan pembayaran;
Terdapat dugaan atau bukti pelanggaran Syarat & Ketentuan ini;
Terdapat permintaan resmi dari otoritas yang berwenang atau dari WhatsApp/Meta;
Terdapat indikasi aktivitas mencurigakan atau merugikan (misalnya spam massal, penipuan).
Pengakhiran oleh Anda:
Anda dapat menghentikan penggunaan Layanan kapan saja dengan mengajukan permohonan resmi melalui kanal yang ditentukan BalesOtomatis.id.
Penghentian oleh Anda tidak menghapus kewajiban pembayaran yang telah timbul dan tidak menimbulkan hak atas pengembalian dana atas periode yang belum berjalan maupun saldo yang tersisa.
Dalam hal akun diakhiri (baik oleh Anda maupun oleh BalesOtomatis.id), seluruh saldo/kredit yang masih tersisa hangus dan tidak dapat direfund atau diuangkan kembali.
8. Ketersediaan Layanan & Batasan Tanggung Jawab
BalesOtomatis.id akan berupaya secara wajar untuk menjaga Layanan tetap tersedia. Namun, Anda memahami bahwa Layanan dapat mengalami gangguan:
Karena pemeliharaan sistem;
Karena kendala teknis di luar kendali BalesOtomatis.id (gangguan WhatsApp/Meta, internet, data center, dsb.).
Layanan disediakan “apa adanya” (as is) tanpa jaminan apa pun, baik tersurat maupun tersirat, termasuk namun tidak terbatas pada jaminan bahwa:
Layanan akan selalu bebas gangguan;
Seluruh pesan pasti terkirim/terbaca;
Akun WABA tidak akan pernah diblokir oleh WhatsApp/Meta.
Sepanjang diizinkan oleh hukum, tanggung jawab maksimal BalesOtomatis.id kepada Anda atas seluruh klaim yang timbul dari atau terkait dengan Layanan, dibatasi hingga total Biaya Layanan yang telah Anda bayarkan kepada BalesOtomatis.id dalam 3 (tiga) bulan terakhir sebelum kejadian yang menimbulkan klaim tersebut, dan tidak termasuk Biaya Pesan/Conversation yang merupakan biaya pihak ketiga.
BalesOtomatis.id dalam keadaan apa pun tidak bertanggung jawab atas:
Kehilangan keuntungan, pendapatan, data, atau reputasi;
Kerugian tidak langsung, insidental, khusus, konsekuensial, atau punitif;
Klaim pihak ketiga terhadap Anda terkait isi pesan, penawaran produk/jasa Anda, atau hubungan bisnis Anda dengan pelanggan.
9. Konten & Tanggung Jawab Pesan
Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas:
Isi seluruh pesan yang dikirim, diterima, disimpan, atau diproses melalui Layanan;
Kepatuhan konten terhadap hukum dan kebijakan WhatsApp/Meta.
BalesOtomatis.id tidak melakukan kurasi atau moderasi konten dan tidak bertanggung jawab atas setiap kerusakan, kerugian, tuntutan, atau sengketa yang timbul dari konten Anda.
Jika ada klaim atau keberatan dari pihak ketiga terkait konten atau aktivitas Anda, Anda setuju untuk membebaskan dan mengganti rugi BalesOtomatis.id dari segala kerugian yang timbul (lihat Pasal 10 di bawah).
10. Ganti Rugi (Indemnity)
Anda setuju untuk membebaskan, membela, dan mengganti rugi BalesOtomatis.id, termasuk pemilik, direksi, karyawan, dan afiliasi, dari segala klaim, tuntutan, kerusakan, kerugian, biaya, dan pengeluaran (termasuk biaya kuasa hukum yang wajar) yang timbul dari:
Pelanggaran Anda terhadap Syarat & Ketentuan ini;
Pelanggaran Anda terhadap kebijakan WhatsApp/Meta atau hukum yang berlaku;
Konten pesan dan aktivitas pemasaran atau komunikasi yang Anda lakukan melalui Layanan;
Setiap sengketa antara Anda dan pelanggan, mitra bisnis, atau pihak ketiga lainnya.
11. Data & Privasi
BalesOtomatis.id dapat mengumpulkan dan memproses data tertentu (termasuk namun tidak terbatas pada data akun dan log penggunaan) untuk keperluan:
Penyediaan Layanan;
Pemeliharaan dan peningkatan kualitas Layanan;
Kepatuhan terhadap kewajiban hukum.
Pengelolaan data pribadi (jika ada) akan mengikuti Kebijakan Privasi BalesOtomatis.id yang merupakan satu kesatuan dengan Syarat & Ketentuan ini.
Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Anda memiliki dasar hukum yang sah untuk memproses data pihak ketiga (misalnya data pelanggan Anda) melalui Layanan.
12. Kekayaan Intelektual
Seluruh hak kekayaan intelektual atas platform, sistem, desain, logo, dan materi lain yang disediakan BalesOtomatis.id adalah milik penuh BalesOtomatis.id dan/atau pemegang lisensi yang sah.
Anda diberikan lisensi terbatas, non-eksklusif, tidak dapat dipindah-tangankan untuk menggunakan Layanan selama Anda mematuhi Syarat & Ketentuan ini dan memenuhi kewajiban pembayaran.
Anda tidak diperkenankan untuk:
Menyalin, memodifikasi, mendistribusikan, menjual, atau membuat turunan dari Layanan;
Melakukan reverse engineering, dekompilasi, atau upaya lain untuk mendapatkan source code Layanan.
13. Force Majeure
BalesOtomatis.id dibebaskan dari tanggung jawab atas keterlambatan atau kegagalan dalam pelaksanaan kewajiban yang disebabkan oleh keadaan di luar kendali wajar (force majeure), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, kerusuhan, gangguan jaringan luas, kebijakan pemerintah, gangguan pada sistem WhatsApp/Meta, dan kejadian sejenis lainnya.
14. Perubahan Layanan & Syarat & Ketentuan
BalesOtomatis.id dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan terhadap:
Fitur dan/atau cakupan Layanan;
Struktur biaya;
Syarat & Ketentuan ini.
Perubahan akan diberitahukan melalui situs web, email, dashboard, atau media komunikasi resmi lainnya.
Dengan terus menggunakan Layanan setelah perubahan diberlakukan, Anda dianggap menyetujui perubahan tersebut. Jika Anda tidak setuju, Anda dapat menghentikan penggunaan Layanan sesuai ketentuan Pasal 7, tanpa hak atas pengembalian dana.
15. Hukum yang Berlaku & Penyelesaian Sengketa
Syarat & Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia.
Setiap sengketa yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat & Ketentuan ini terlebih dahulu akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.
Jika tidak tercapai mufakat dalam waktu yang wajar, sengketa akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri di wilayah hukum tempat BalesOtomatis.id berdomisili, tanpa mengurangi hak BalesOtomatis.id untuk menggugat di pengadilan lain apabila dianggap perlu.
16. Ketentuan Lain-lain
Jika ada ketentuan dalam Syarat & Ketentuan ini yang dinyatakan tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan oleh pengadilan atau otoritas berwenang, ketentuan lainnya tetap berlaku.
Kegagalan BalesOtomatis.id untuk menjalankan hak atau menuntut pelaksanaan suatu ketentuan tidak dianggap sebagai penghapusan hak tersebut.
Syarat & Ketentuan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dan BalesOtomatis.id terkait penggunaan Layanan dan menggantikan seluruh komunikasi atau kesepakatan sebelumnya, baik tertulis maupun lisan.
Last updated